Powered by Blogger.

Cara Praktis memassak daging

Cara Praktis memassak daging Qurban


Daging-qurban
Daging qurban
Sebelumnya selamat hari raya idul adha 14333H bagi umat muslim semuanya, tentu umat muslim semua telah mengetahui bukan apa itu idul adha, berikut kita akan membahas sedikit tentang idul adha.

Idul Adha  adalah sebuah hari raya Islam. Pada hari ini diperingati peristiwa kurban, yaitu ketika nabi Ibrahim (Abraham), yang bersedia untuk mengorbankan putranya Ismail untuk Allah, akan mengorbankan putranya Ismail, kemudian digantikan oleh-Nya dengan domba.
Pada hari raya ini, umat Islam berkumpul pada pagi hari dan melakukan salat Ied bersama-sama di tanah lapang, seperti ketika merayakan Idul Fitri. Setelah salat, dilakukan penyembelihan hewan kurban, untuk memperingati perintah Allah kepada Nabi Ibrahim yang menyembelih domba sebagai pengganti putranya.
Hari Raya Idul Adha jatuh pada tanggal 10 bulan Dzulhijjah, hari ini jatuh persis 70 hari setelah perayaan Idul Fitri. Hari ini juga beserta hari-hari Tasyrik diharamkan puasa bagi umat Islam.
Pusat perayaan Idul Adha adalah sebuah desa kecil di Arab Saudi yang bernama Mina, dekat Mekkah. Di sini ada tiga tiang batu yang melambangkan Iblis dan harus dilempari batu oleh umat Muslim yang sedang naik Haji.
tiga-tiang-batu-di-mina
tiga tiang batu di mina
Hari Idul Adha adalah puncaknya ibadah Haji yang dilaksanakan umat Muslim. Terkadang Idul Adha disebut pula sebagai Idul Qurban atau Lebaran Haji dengan ditandai penyembelihan hewan kurban seperti kambing , sapi , domba, dan unta yang telah memenuhi persyaratan tertentu. Kebanyakan hewan yang di kurbankan berupa kambing dan sapi. Karena suasana idul adha masih kental - kentalnya di lingkungan kita, mari kita bahas mengenai cara memasak daging qurban bagi Ibu - Ibu yang bingung ingin memasak aneka olahan daging bisa juga nih tips berikut di jadikan acuhan untuk memasak daging agar enak dan tidak berbau.Sehingga keluarga anda akan merasa betah dengan masakan rumahan ala anda sendiri, suami anda makin sayang dan anak anda pun akan terjaga gizinya dengan masakan rumahan, keluarga anda pun semakin romantis dan harmonis.
Daging pertama yang sering dan banyak buat di qurbankan adalah kambing,berikut adalah tips memasak daging qurban berupa kambing :
1. Cara Praktis memasak daging qurban kambing 

-Cara memasak daging qurban kambing agar tidak berbau

Senikmat apapun rasa daging kambing seenak apapun rasanya daging tersebut tapi jika berbau prengus tentu akan menghilagkan enaknya rasa sajian tersebut, selain itu banyak orang menyukai daging kambing namun  malas untuk mengolahnya karena baunya yang prengus.Tapi setelah membaca tips berikut di jamin tidakk akan malas lagi untuk menikmati dan memasak daging kambing olahan sendiri.
Berikut tips menghilangkan bau kambing dari aroma prengus :


Tips  1
Rebus-daging-kambing
Rebus daging kambing

Rebus daging kambing dengan potongan lobak secukupnya, setengah jam kemudian keluarkan lobaknya. Setelah itu pergunakan daging kambing untuk memasak sesuai dengan resep masakan daging kambing yang disukai.

Tips  2
Jeruk-nipis
Jeruk nipis

Cara lainnya lagi, sebelum dimasak daging kambing disiram dengan tetesan air jeruk nipis. Jika tidak ada jeruk nipis bisa dengan menggunakan daun jeruk limau.Karena aroma jeruk nipis yang tajam bisa menghilangkan bau prengus pada kambing tersebut.


Tips  3
Daging-kambing-yang-baru-disembelih
Daging kambing yang baru disembelih
Langsung mengolah daging kambing yang baru disembelih, tanpa pernah sedikitpun mencucinya terlebih dahulu baik dengan air maupun bahan pencuci lainnya.Bau amis itu akan berkurang dengan sendirinya jika dimasak dengan benar (sampai meresap, tanak, dan cukup waktu).Jangan lupa berhati-hati ketika memotong daging kambing agar tidak terkena kotoran (sehingga kita tergoda alasan harus membilasnya dengan air). Jika bulu-bulu kambing masih menempel halus dan tipis, cabuti saja pelan-pelan. Daging kambing siap olah tidak mengapa disimpan dulu di dalam kulkas sebelum dimasak, sepanjang tidak dicuci dengan air.
  
Tips  4
Daging-kambing-dibungkus-daun-pepaya
Daging kambing dibungkus daun pepaya

sebelum dimasak bungkus dengan daun pepaya dan buah nanas. karena daun pepaya bikin daging menjadi empuk setelah matang sedangkan nanas untuk menghilangkan bau amisnya. diperkirakan bau nanas lebih kuat daripada jeruk

Tips  5
Jahe-menghilangkan-aroma-amis
Jahe menghilangkan aroma amis
Cincang, memarkan atau lumat jahe, kemudian campurkan pada daging yang akan diolah. Aroma Jahe akan menutupi bau lebus pada daging. Agar hasilnya maksimal, lebih baik lagi Jahe yang dlhaluskan bersama bumbu lain.

Untuk menghilangkan bau tak sedap. Anda Juga bisa menambahkan bumbu dapur beraroma kuat seperti kapulaga. kayu manis, cengkeh, dan bumbu rempah lainnya. Bumbu-bumbu yang beraroma kuat seperti itu tidak hanya membuat rasa masakan menjadi nikmat, tetapi juga membantu menghilangkan bau tidak sedap pada daging.


-Cara Praktis memasak daging qurban kambing agar tidak alot




  • Usahakan mengolahnya dalam masakan yang proses masaknya memang lama. Misal, gulai.
Gulai-kambing
Gulai kambing



  • Kalau ingin diolah sebentar, buat masakan yg dibuat dari daging giling, bukan daging utuh, hingga saat matang, daging sudah empuk.
daging-giling-kambing
Daging giling kambing
  • Kalau ingin dibuat sate, rendam kambing dalam campuran bumbu yang diberi sedikit baking powder.
  • Selain baking powder, daging kambing bisa diempukan juga dengan bubuk papain yang dijual dalam kemasan botol plastik.
Bubuk-papain
Bubuk papain




  • Daging kambing juga bisa diempukan dengan cara dibungkus parutan nanas atau daun pepaya. Simpan daging yang sudah dibungkus ini di dalam lemari es dalam wadah tertutup.
Daging-kambing-dibungkus-parutan-nanas
Daging kambing dibungkus parutan nanas

Itulah beberapa cara mengolah daging kambing agar tidak bau dan alot. Cara memasak daging sapi dan kambing sama tinggal bagaimana variasi kita untuk menjadikan daging itu enak dan mantap untuk di santap bersama keluarga tercinta.Semoga tips di atas bermanfaat.(SN)


Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Info / Tips dengan judul Cara Praktis memassak daging. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://guesswholovesfahion.blogspot.com/2012/10/cara-praktis-memassak-daging.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: ampplaz id - Saturday, October 27, 2012

Belum ada komentar untuk "Cara Praktis memassak daging"

Post a Comment